Perakitan PC Hardware

Perakitan PC Hardware,
Sabtu, 04/01/2020

Kami dipandu Pak Hanif berlatih membongkar dan merakit komponen CPU, pada latihan ini kami belajar membongkar lalu merakit komponen CPU hingga komputer dapat dinyalakan. Tak hanya itu, kami juga mempelajari kesalahan-kesalahan dalam pemasangan PC/Komputer melalui bunyi ‘beep’. Dalam proses  pembongkaran dan perakitan PC/Komputer harus mengutamakan K3LH, Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup.

Perakitan komputer disini kami artikan sebagai pemasangan komponen-komponen komputer sehingga menjadi sebuah PC/Komputer yang siap digunakan  yang dalam proses perakitannya mengutamakan prinsip K3LH.

Berikut langkah-langkah perakitan Komputer :

  1. Pemasangan Processor

     Perhatikan kode titik pada sisi processor dengan bentuk miring, ini merupakan petunjuk agar bagian processor terpasang pada bagian slot yang mempunyai tanda yang sama. Pemasangan pada processor harus ditempatkan sesuai tanda pada socket (jangan sampai terbalik). Pemasangan processor yang terbalik atau tidak sesuai, dapat mengakibatkan kefatalan dalam perakitan komputer.

  • Pemasangan Motherboard

     Pada pemasangan motherboard, atur posisi jumper konektor sesuai dengan yang sudah tertulis di dalam panduan pabrik.

  • Pemasangan RAM

     Perhatikan sudut memori RAM yang biasanya berlekuk, sudut yang berlekuk ini harus ditempatkan secara tepat dan hati-hati.  Dalam pemasangan RAM, pemasangannya harus sesuai dan tidak boleh terbalik, apabila terbalik RAM akan terbakar dan tidak dapat digunakan.

  • Pemasangan Hardisk dan CD/DVD-RW

     Untuk pemasangan Hardisk dan CD/DVD-RW, posisikan casing CPU dalam posisi berdiri/tegak, kemudian pasang hardisk sesuai tempat yang disediakan oleh casing CPU. Kunci hardisk dengan baut menggunakan obeng plus.

     Untuk pemasangan CD/DVD-RW, lakukan pemasangan pada bagian depan casing. Seperti pada pemasangan hardisk, kunci CD/DVD-RW dengan baut menggunakan obeng plus. Lalu sambungkan kabel khusus power suply ke konektor power yang terdapat pada masing-masing hardisk dan CD/DVD-RW.

  • Pemasangan VGA Card dan Sound Card

     Pada langkah ini, pemasangan device dilakukan jika dianggap perlu dan sesuai dengan kebutuhan.

  • Pemasangan Motherboard ke dalam Casing

     Pada sudut yang memungkinkan untuk ditempatkan baut, bautlah motherboard tersebut pada casing untuk menghindari terjadinya pergeseran motherboad.

  • Pemasangan Power Supply

     Pasanglah kabel khusus power supply (catu daya) ke motherboard.

  • Pemeriksaan Hasil Rakitan

     Setelah perakitan komputer selesai, periksa hasil rakitan melalui BIOS. Periksa apakah semua komponen yang terpasang pada motherboard terpasang/terkoneksi dengan baik.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat:)

Author : TriNov

Leave a Reply