Pengenalan Fitur-Fitur Pada WordPress

Menurut wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrogramanPHP dan basis data (databaseMySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Meskipun mudah digunakan, mungkin ada pemula dalam bidang ini yang mungkin sedikit kebingungan dengan bagaimana menggunakan fitur-fitur yang ada pada WordPress tersebut. Fitur dalam CMS ini memang lumayan komplit sehingga mampu menciptakan website profesional.

berikut tampilan awal wordpress dan penjelasan fitur-fitur yang ada:

tampilan awal wordpress

Post

Post merupakan fitur paling utama yang wajib untuk anda ketahui. Pasalnya, kelak di sinilah anda akan membuat atikel untuk diterbitkan. Oleh sebab itu, anda semestinya harus mengetahui apa fungsi hal ini.

Di dalam fitur ini terdapat beberapa sub, seperti;

  • All post, berfungsi untuk memudahkan anda melihat semua artikel yang pernah diterbitkan dalam website anda.
  • Add-new, berfungsi untuk membuat artikel. Disinilah anda mengonsep, merancang, dan menulis artikel yang ingin anda terbitkan.
  • Categories, berfungsi untuk melihat semua kategori postingan. Anda juga dapat menambahkan kategori baru untuk postingan anda.
  • Tags, merupakan tempat seluruh tags yang ada di postingan anda.

Media

Fitur yang satu ini berfungsi menambahkan media seperti gambar maupun video ke dalam gallery. Dalam artian, setiap gambar atau video yang anda unggah di wordpress, maka di sinilah anda akan melihat seluruh gambar atau video yang telah anda unggah tersebut. Seperti gallery jika diibaratkan di dalam sebuah ponsel.

Selain itu, lewat fitur ini jugalah anda bisa mengedit serta menghapus gambar atau video yang diinginan.

Pages

Postingan dan pages (halaman) tentu memiliki perbedaan fungsi. Yakni, perbedaannya terletak di struktur kategori yang ada pada post. Jika di ‘post’ ada kategori, maka di ‘pages’ tentu kategori itu tidak ada.

Lewat fitur pages inilah anda bisa menambahkan deskripsi blog (About Us), laman Kontak (Contact), privacy policy, dan banyak hal lainnya.

Comments

Setiap orang yang berkomentar di website anda, maka hal itu akan masuk di fitur Comments tersebut.

Dengan fitur ini, anda dapat mengatur, apakah komentar akan disetujui atau tidak. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk—apakah setiap komentar akan secara otomatis ditampilkan ke publik tanpa harus perlu disetujui terlebih dulu. Atau pun harus di filter terlebih dahulu.

Intinya, fitur Comments adalah tempat penampungan setiap komentar dari orang-orang, sekaligus anda juga dapat mengatur setiap komentar apakah layak diterbitkan ataukah tidak.

Themes

Fitur yang satu ini berada pada menu ‘Appearance’. Adapun Themes berfungsi untuk mengatur tema/ template yang ingin anda gunakan untuk tampilan website. Dalam fitur in,  anda dapat mengganti tema website, anda juga dapat memilih tema mana yang cocok bagi anda, dan anda dapat pula mengedit tema tertentu dengan sedemikian rupa. Selain itu, lewat fitur ini juga anda dapat mengunggah tema yang ada di hardisk anda.

Widgets

Selain themes, fitur ini juga patut untuk anda gunakan dan optimalkan. Pasalnya, dalam salah satu fitur yang disediakan oleh WordPress ini, terdapat banyak kegunaan bermanfaat untuk perkembangan website anda.

Fitur ini biasanya digunakan untuk menambahkan berbagai navigasi dan aksesoris blog pada bagian header, sidebar, maupun footer. Misalnya di fitur ini, anda dapat menambahkan popular post di bagian sidebar website anda, selain itu anda juga dapat menambahkan artikel terbaru, iklan, dan javascript-javascript lainnya yang akan tampil di bagian tertentu di website anda. Begitulah singkatnya fungsi widgets ini.

Plugins

Fitur penting yang ada pada WordPress selanjutnya adalah Plugins, yang menjadi tempat untuk mengatur semua plugins yang ada. Disini anda dapat menginstal sebuah plugin, anda juga dapat menghapus plugin, dan mengaktifkan maupun menonaktifkan sebuah plugin.

Adapun plugins adalah modul-modul yang dapat anda gunakan untuk membantu dan memudahkan pekerjaan WordPress anda. Dan biasanya Plugins sudah disediakan secara gratis maupun berbayar di halaman resmi milik WordPress.

Settings

Fungi fitur yang satu ini cukup penting untuk diketahui bagi pemula yang baru menggunakan WordPress. Pasalnya, dalam Settings ini banyak termuat hal-hal penting untuk mengatur operasional WordPress, mengatur operasional plugins, dan hal-hal lainnya.

Intinya, semua yang terdapat dalam fitur ini hanya mengenai pengaturan (Settings).

Permalink

Hebatnya WordPress dan salah satu keunggulannya, yakni adalah kita bisa leluasa mengatur bagaimana seharusnya tampilan permalink.

Apa itu permalink?

Permalink artinya adalah permanen link, adalah URL yang mengarah pada blog atau forum tertentu. Secara singkatnya seperti itu.

Jadi, WordPress mengijinkan anda mengubah permalink.

Misal: Link pertama anda seperti ini

sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat…

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress

https://www.indoworx.com/mengenal-fitur-fitur-wordpress-bagi-pemula-di-dunia-blog/

author : TriNov

Leave a Reply