Pengertian dan Jenis Emulator paling ringan dan cepat untuk PC/Laptop

Pengertian

Emulator adalah perangkat lunak (software) yang tidak lain adalah program yang dibuat untuk meng-emulasi suatu aplikasi maupun game agar dapat berjalan atau dimainkan di sistem operasi lain.

Jenis Emulator paling ringan dan cepat untuk PC/Laptop

1. Bluestacks 4 (Paling Popular)

Bisa dibilang Bluestack adalah emulator Android ringan serta paling populer. Jelas, karena emulator ini sudah lama hadir dan sering mendapatkan update guna meningkatkan kinerja.

Terbaru ada pula Bluestacks 4 yang bisa kamu unduh secara gratis dari situs resminya, di mana tersedia dalam beberapa pilihan seperti online installer dan juga offline installer.

Selain itu, Bluestacks adalah salah satu dari sedikitnya emulator Android ringan untuk Mac yang sangat berguna buat kalian yang menggunakan laptop MacBook.PC yang digunakan untuk menginstall dan menggunakan Bluestacks, harus memiliki :

1. RAM minimal sebesar 2 GB.

2. Kapasitas hardisk kosong minimal 4 GB.

3. Memiliki sistem operasi minimal Windows Vista ataupun Windows XP.

2. Genymotion

Genymotion mungkin merupakan emulator Android ringan yang cocok buat kamu para developer aplikasi.

Pasalnya, kamu dapat menguji aplikasi atau game pada berbagai perangkat tanpa benar-benar dituntut untuk memiliki perangkat tersebut.

Kamu dapat mengkonfigurasi emulator untuk berjalan dengan berbagai versi Android sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalnya, kamu dapat menjalankan Nexus One dengan Android 4.2 Jellybean atau Nexus 6 dengan Android 6.0 Marshmallow, geng.

3. Gameloop

Seperti yang dapat ditebak, Gameloop adalah emulator Android ringan untuk PC yang memang dikhususkan untuk bermain game saja.

Makanya, emulator ini sangat favorit di kalangan gamer PUBG Mobile karena sudah mendapat dukungan langsung dari Tencent selaku developer.

Selian PUBG Mobile, Gameloop juga mendukung game lain seperti Mobile LegendsFree Fire, dan game populer lainnya.

4. Droid4x

Emulator Android ringan berikutnya adalah Droid4x dan merupakan pilihan yang menarik untuk sebuah emulator Android di PC.

Kelebihan Droid4x yang membuatnya menarik adalah dukungan add-ons, memungkinkan kamu mengontrol game di komputer dengan smartphone.

5. Andy

Kelebihan Andy antara lain mendukung antarmuka Android secara penuh, bisa menjadikan smartphone sebagai controller dengan menghubungkannya melalui koneksi Bluetooth ataupun WiFi.

Sekedar peringatan, emulator yang satu ini sempat ketangkap basah karena keterlibatan mereka dengan kasus malware yang mengambil bentuk crypto miner.

6. LDPlayer

Selain NoxPlayer yang bisa untuk bermain PUBG Mobile, saat ini juga ada LDPlayer yang memang dirancang khusus untuk bermain game-game Android.

Seperti PUBG Mobile, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends, hingga Chess Rush, game mirip Auto Chess yang bisa untuk kamu mainkan.

Salah satu keunggulan dari LDPlayer adalah kecepatan, stabilitas, dan fitur multitasking untuk bermain dua game berbeda pada jendela yang sama.

7. MEmu

MEmu menawarkan kompatibilitas lengkap dengan chip Intel dan AMD, rilis terbaru mereka adalah Android 5.1.1 Lollipop.

MEmu juga sudah memiliki akses root dan tampilan sidebar yang lengkap dengan banyak fungsi tambahan dan fitur.

MEmu pun menjadi alternatif emulator Android terbaik, baik untuk kebutuhan produktivitas ataupun bermain game.

Kalau kamu kesulitan, MEmu punya forum yang bisa membantu kamu mengatasi masalah, memeriksa rilis baru, dan berita yang lainnya di blog resmi mereka.

8. NoxPlayer (Rekomendasi Gamer)

Khususnya untuk para gamerNoxPlayer menjadi emulator Android ringan untuk gaming yang patut kamu cobain deh, geng.

Terdapat utilitas dan penambahan yang secara khusus membantu gamer mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse.

Salah satu keunggulan dari Nox adalah fiturnya yang seabrek, misalnya sebelah kanan NoxPlayer, terdapat sebuah charm bar yang berguna untuk mengakses beberapa fitur.

9. KoPlayer

Di KoPlayer, pengguna diberikan pilihan antara Speed untuk memaksimalkan performa emulator dan Compatibility sebagai pilihan aman.

KoPlayer juga memberikan pilihan bagi pengguna yang ingin menjalankan dua emulator sekaligus tapi tentunya hal ini membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

Meskipun KoPlayer memiliki fokus di gaming, emulator ini juga sudah mendukung layanan Google Play Store jadi kamu bisa menggunakan beragam aplikasi lainnya.

10. Phoenix OS

Emulator yang satu ini berbentuk operating system (OS) penuh seperti Microsoft Windows tapi proses instalasinya tetap mudah kok.

Dikarenakan sifat Phoenix OS yang memang lebih komprehensif, pilihan yang satu ini lebih cocok untuk kalian yang sudah fasih soal teknologi.

Sayangnya, karena Phoenix OS datang dari pengembang asal China, OS ini tidak didukung oleh layanan Google Play tapi kamu masih bisa menggunakan APK

Sumber: http://cnoeng.blogspot.com/2015/11/pengertian-emulator.html https://jalantikus.com/tips/emulator-android-terbaik/

Author:tiara

Leave a Reply