Kelebihan Bahasa Pemrograman C

Kelebihan Bahasa Pemrograman C Banner
[Sumber: Flickr]

Bahasa C merupakan bahasa yang cukup populer di kalangan para developer atau pembuat program lainnya. Banyak pembuat program yang menggunakan bahasa ini. Hal ini disebabkan karena kelebihan bahasa pemrograman C terbilang cukup banyak.

Bahasa C merupakan sebuah bahasa yang diciptakan oleh Dennis Ritchie dengan tujuan membangun sistem operasi Unix. Bahasa ini dikembangkan di AT&T Bell Labs dari tahun 1969 sampai dengan 1973. Terdapat banyak bahasa pemroraman lebih baru  yang meminjam struktur bahasa C secara langsung maupun tidak langsung, termasuk diantaranya adalah C++, D, Go, Rust, Java, JavaScript, Limbo, LPC, C#, Objective-C, Perl, PHP. Python, dan Verilog.

Bahasa ini tergolong ke dalam bahasa yang relatif mudah untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki banyak kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh para pembuat program. Kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman C tersebut antara lain

Portabel

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman C adalah sifatnya yang portabel, bahkan dikatakan bahwa bahasa tersebut sangat-sangat portabel. Para developer dapat membangun program atau sistem apapun yang dapat berjalan pada platform berbeda dengan modifikasi yang sangat sedikit, atau bahkan tidak memodifikasi sama sekali.

Sifatnya yang portabel ini terjadi karena bahasa pemrograman C merupakan bahasa yang independen. Maksud dari independen ini adalah bahasa C memiliki banyak compiler untuk hampir semua jenis prosesor, sehingga bahasa C dapat digunakan untuk hampir semua platform.

Kecil

Kecil yang dimaksud bukanlah ukurannya, namun basis yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini cukup sedikit.

Untuk membuat sebuah program berjalan, bahasa pemrograman C hanya memerlukan variabel, makro, fungsi, dan struktur.

Karena kelebihan bahasa pemrograman C ini lah program-program yang dibangun menggunakan bahasa C menjadi sistem tertanam pada kebanyakan mikroprosesor modern saat ini dari mulai jam alarm sampai dengan sistem yang ada di dalam perangkat kulkas.

Dasar

Kelebihan Bahasa Pemrograman C 3

Bahasa pemrograman C merupakan sebuah bahasa pemrograman dasar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa basis dari bahasa pemrograman ini digunakan pada beberapa jenis bahasa pemrograman yang baru.

Dengan kata lain, saat kita mempelajari bahasa pemrograman C dan menguasainya, secara tidak langsung kita juga mempelajari dasar-dasar dari bahasa pemrograman lainnya. Secara mendasar, dengan mengetahui bahasa pemrograman C, kita akan mendapatkan sebuah tiket untuk mengetahui hampir seluruh bahasa pemrograman.

Selain kelebihan bahasa pemrograman C yang ditawarkan, terdapat beberapa kegunaan dari bahasa ini. Termasuk di dalamnya bahasa ini secara original dibangun agar dapat digunakan untuk menuliskan perangkat lunak sistem.

Idealnya, bahasa pemrograman C dapat digunakan untuk membangun firmware maupun aplikasi portabel. Selain itu, bahasa pemrograman C dapat digunakan untuk mengembangkan sistem operasi ataupun sistem yang berhubungan dengan perangkat keras.

Kelebihan bahasa pemrograman C ini juga yang menyebabkan bahasa tersebut menjadi sangat populer di kalangan perusahaan teknologi, termasuk di dalamnya Intel, Amazon, dan DELL. Kepopuleran ini juga dapat menjadi salah satu kriteria yang digunakan dalam memilih bahasa yang tepat bagi yang ingin mulai belajar.

[Referensi: Makeawebsitehub]

Sumber : https://teknojurnal.com/kelebihan-bahasa-pemrograman-c/

Author : Rizq Kamilia Desta Kartika

Leave a Reply